Sabtu, 05 Maret 2011

Pendapatan Nasional

Laporan data produk dan pendapatan nasional adalah data yang dikumpulkan dan diterbitkan oleh pemerintah yang mendeskripsikan berbagai komponen pendapatan dan output nasional dalam suatu perekonomian. Data mengenai pendapatan nasional yaitu, nilai barang dan jasa yang diwujudkan pada suatu tahun tertentu. Terdapat beberapa konsep yang berkaitan dengan pendapatan nasional, GDP (produk domestik bruto atau PDB), GNP (Produk Nasional Bruto atau PNB), Pendapatan Nasional. Produk Domestik Bruto (PDB) Merupakan nilai barang dan jasa yang diproduksikan dalam negeri tersebut dalam satu tahun (termasuk perusahaan asing).Produk Nasional bruto (PNB)Merupakan nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara dari negara yang pendapatannya dihitung.

Hubungan PDB dan PNB yaitu

PDB = PNB – PFN dari LN

PFN dari Luar Negeri (Pendapatan Faktor Neto) adalah pendapatan faktor-faktor produksi yang diterima dari luar negeri dikurangi dengan pendapatan faktor-faktor produksi yang dibayarkan keluar negeri. Pendapatan Nasional Harga berlaku Nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam satu tahun, dihitung menurut harga yang berlaku pada tahun tersebut. Kecenderungan nilainya akan terus meningkat, hal ini dapat disebabkan oleh:

1. penambahan fisikal barang dan jasa

2. kenaikan harga yang berlaku (inflasi)

Pendapatan Nasional harga konstan, yaitu nilai barang dan jasa yang dihasilkan dihitung berdasarkan harga konstan, telah menghilangkan pengaruh harga atau inflasi, sehingga menunjukkan nilai real

100

PDBhkx = ------------ . PDBhbx

IHKx

Menghitung Pendapatan Nasional

  • Pendekatan Pengeluaran yaitu: Menghitung jumlah yang dibelanjakan pada semua barang akhir selama periode tertentu.
  • Pendekatan Pendapatan yaitu: Menghitung semua pendapatan, upah, sewa, bunga, dan laba yang diterima oleh semua faktor produksi dalam memproduksi barang akhir.
  • Pendekatan Produksi atau Produk Neto yaitu: Menjumlahkan nilai produksi barang dan jasa dari berbagai sektor, berarti menjumlahkan nilai tambah yang diwujudkan oleh berbagai sektor.

Pendekatan Pengeluaran

Kategori Pengeluaran yaitu :

1. Pengeluaran konsumsi pribadi (C): belanja rumah tangga atas barang dan jasa.

2. Investasi swasta (I) : pengeluaran oleh perusahaan dan rumah tangga atas modal baru, seperti pabrik, peralatan, persediaan dan struktur perumahan baru.

3. Konsumsi dan investasi pemerintah (G).

4. Ekspor neto (EX – IM)

GDP = C + I + G + ( EX – IM)

PDB

Pendekatan Produksi (Produk Neto)

  • Pendapatan nasional diperoleh dengan menjumlahkan nilai produksi barang dan jasa yang diwujudkan oleh berbagai sektor (lapangan usaha) dalam perekonomian atau menjumlahkan nilai tambah dari sektor sektor.
  • Tujuan menghitung dengan cara ini yaitu:

1. mengetahui sumbangan berbagai sektor

2. menghindari penghitungan dua kali


Tidak ada komentar:

Posting Komentar